01 September 2013

Tips Berbahasa Tulis


Oleh :
Sekretaris Umum PMII Kabupaten Gowa
SAHABAT dan Sahabatwati yang terhormat, khususnya Warga PMII Kabupaten GOwa. Berikut ini merupakan tips yang sangat sederhana untuk menjadi seorang penulis. Tentunya sahabat dan sahabatwati sekalian telah memiliki banyak ide yang tersimpan rapi dalam ingatan kita masing-masing tapi diantara kita ada yang belum mencoba menorehkannya lewat dunia tulisan.

Banyak orang yang berminat jadi seorang penulis. Alasan yang mendasari seseorang ingin menjadi penulis antara lain jadi terkenal, reporter, buat catatan harian, memperlancar urusan administrasi, dikagumi orang banyak dan lain-lain. Memang penulis bisa meraih semua itu melalui kualitas karya tulis mereka. Nah!, berikut ini saya mencoba berbagi tips sederhana:
1.   Mengetahui banyak kosakata
Syarat utama seorang penulis adalah mengetahui banyak kosakata yang nantinya dituangkan menjadi sebuah karya yang bisa dipahami oleh orang lain. Semakin sedikit kosakata yang diketahui, maka semakin kecil pula peluang untuk menyelesaikan suatu tulisan.
2.  Rajin membaca karya tulis atau buku-buku
Tulisan yang menarik salah satunya karena gaya bahasa yang khas. Untuk menemukan banyak jenis gaya tulisan, maka perbanyaklah membaca. Membaca adalah kunci utama untuk menjadi seorang penulis. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca dan perkaya wawasan anda. Menulis tanpa pernah membaca itu hampa.
3.  Mempunyai sumber inspirasi atau ide yang akan dituangkan pada lembar penulisan.
Memandang suatu objek, baik pemandangan alam berupa gunung, sunga, pantai dan sebagainya maupun objek lain seperti hewan, manusia, kota, sosok atau tokoh, sekolah dan sebagainya tentu menimbulkan penilaian terhadap objek yang dipandang tersebut. Setiap orang paling tidak bisa menilai bahwa itu “sangat baik”, “baik”, “biasa-biasa saja”, “Jorok” dan sebagainya. Dari pernilaian tersebut, seseorang bisa memberi alasan mengapai dikatakan “sangat baik” (sebagai contoh) dengan menguraikan beberapa kalimat penjelasan.
4.  Memiliki kekuatan Imajinasi atau memperkuat imajinasi
Salah satu kekuatan karya tulis adalah daya imajinasinya yang kuat. Sebagai contoh, seseorang yang ingin membahasakan “Jangan Enkau Selingkuh”, dengan kekuatan imajinasinya ia berkata “ªĶΰ tidak akan pernah melarangmu mengenal banyak lelaki, ĴƱģª tidak melarangmu untuk mencintai diantaranya, tapi ɪ̣̝̇τ̲̅Ʊ ketika Ќªмü tidak mencintai ∂ɑπ menyayangiku ƪάƍΐ”. Imajinasi itu menggabarkan perasaan kita.
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar