11 Mei 2013

pelantikan perdana PMII Kabupaten Gowa.


Sebagai organisasi berskala kabupaten, PMII kabupaten Gowa telah mendokumentasikan beberapa catatan penting terkait dengan sejarah dan pengembangan organisasi. Sebagai rangkaian acara pelantikan, beberapa pembicara yang tampil masing-masing menitip pesan yang berbeda dan memiliki makna yang dalam soal pengembangan PMII. Pembicara antara lain adalah ketua pantia sebagai pelaksana kegiatan, ketua PMII kabupaten Gowa, Ketua Majelis Pembina Cabang PMII Kabupaten Gowa, ketua PMII Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Pengurus Besar PMII dan Nahdatul Ulama dalam kapasitasnya sebagai pembawa tasiyah.

Catatan yang sempat didokumentasikan oleh penulis dari masing-masing pembicara saat membawakan laporan, sambutan maupun tausiyah berturut-turut antara lain, Pertama, ketua panitia dalam laporannya mengharapkan momentum pelantikan sebagai semangat untuk mengukir prestasi di tingkatan kampus, maupun tingkat organisasi di kabupaten gowa.
Pembacara kedua, yaitu Jusman Hammade selaku ketua umum PMII Kabupaten Gowa (yang baru dilantik) dalam sambutannya menuturkan bahwa PMII memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan kualitas dan kuantitas kader karena Gowa adalah wilayah yang dirancang sebagai basis pendidikan kampus di kawasan timur Indonesia.
Pembicara ketiga, yaitu dari ketua Majelis Pembina Cabang PMII yang diwakili oleh Abdul Basir Laupe mengatakan bahwa Saatnya PMII Kabupaten Gowa bergerak lebih gesit karena Gowa adalah daerah yang sangat potensial dan merupakan suatu tantangan untuk pengembangan kader.
Pembicara keempat, dalam hal ini disampaikan langsung oleh ketua umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Sulawesi Selatan yang turut membawakan sambutan berpesan bahwa pengkaderan harus diperkuat dan sistem pengkaderan harus diperketat dengan mengikuti prosedur yang ada, pesan yang sama dari ketua PKC bahwa pengurus Cabang harus membuat database anggota yang diintruksikan pada masing-masing komirsariat dan rayon yang ada.
Pembicara kelima, yaitu oleh Ketua Pengurus Besar PMII yang membawakan sambutan sekaligus membuka acara pelantikan dan rapat kerja PMII Gowa tak lupa berpesan bahwa setiap kader sejatinya selalu berkonsultasi pada para Kiai (senior) ketika  ingin bergerak. Pesan lain bahwa setiap pengurus PMII harus mampu memposisikan diri sebagai rujukan intelektual, rujukan gerakan serta rujukan sifat.
Pembawa Tausiya Oleh Ketua Nahdatul Ulama Kabupaten Gowa memberikan pesan bahwa PMII-lah yang sejatinya bertanggungjawab memelihara dan melestarikan kebudayaan daerah.
Itulah catatan singkat tentang pelantikan pengurus PMII Kabupaten Gowa Masa Khidmat 2012-2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar